PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “QUIZPOLY” BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA UNTUK SISWA KELAS IV SD

  • dia triutami ruswandari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan game edukasi “Quizpoly” berbasis android ini dapat membantu guru dalam memberikan pemahaman materi pembelajaran kepada siswa di masa pandemi covid-19 sebagai upaya peningkatan hasil belajar, sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk game edukasi “Quizpoly” berbasis android pada mata pelajaran IPA khususnya materi gaya untuk siswa kelas IV sekolah dasar, serta untuk mengetahui tingkat kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan penggunaan game edukasi “Quizpoly”. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE versi Tegeh (2014) dengan 5 tahap pengembangan yakni Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan tingkat kelayakan diperoleh melalui uji validasi materi dengan persentase 85,4%, untuk uji validasi media dengan persentase 87,5%. Tingkat keefektifan media diperoleh dengan melakukan uji coba terbatas kelompok kecil sejumlah 8 siswa kelas IV SDN Tiwet yang diambil dari rata-rata nilai siswa dengan perolehan pretest 60,7 dan posttest 90. Tingkat kepraktisan penggunaan media diperoleh dari angket respon siswa dengan hasil persentase sebesar 94,5%. Sehingga game edukasi “Quizpoly” berpengaruh besar dan baik untuk diterapkan sebagai alternatif media pembelajaran pada siswa sekolah dasar khususnya materi gaya.   

Kata Kunci: Pengembangan, Game Edukasi, Quizpoly, Gaya.

Published
2021-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 514
PDF Downloads: 534