Validitas Media Game Gupi (Guess The Picture) Berbasis Android Untuk Melatih Koskata Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 SD

  • Rizqi Aprilliana Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih

Abstract

Pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia sangat mempengaruhi bebagai aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan. Akibatnya pendidikan di Indonesia selama pandemi berlangsung dilakukan secara daring. Banyak cara yang telah dilakukan agar menciptakan pengalaman belajar dirumah yang menarik dan menyenangkan. Salah satu caranya yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran yang dapat dengan mudah diakses oleh siswa dimanapun. Media GUPI merupakan media pembelajaran Bahasa Inggris berbasis android yang dapat diakses siswa dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Media GUPI adalah media pembelajaran yang berisi game sederhana yang di dalamnya berisi game tebak gambar dan susun kata. Tujuan pengembangan media GUPI ini. Adalah menjadikan media GUPI layak digunakan yaitu valid dan praktis membantu siswa dalam memahami kosakata Bahasa Inggris. Media GUPI berisi materi Bahasa Inggris kelas 2 SD semester 2. Penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penilaian lembar alidasi dan angket. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan. Media GUPI mendapat nilai validitas yang diperoleh dari hasil penilaian validator yaitu ahli materi dengan nilai presentase 100% dengan kategori valid tidak perlu revisi dan ahli media dengan nilai presentase 87,5% dengan kategori praktis tidak perlu revisi. Dari nilai presentase tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media GUPI digunakan sebagai media pembelajaran dama mata pelajaran Bahasa Inggris. Untuk tingkat kepraktisan media GUPI diperoleh dari penghitungan skor rata-rata angker respon guru dan angket respon siswa. Penghitungan skor hasil angket respon guru mendapatkan angka 100% yang termasuk kategori sangat praktis tidak perlu revisi. Sedangkan penghitungan skor hasil angket respon siswa mendapatkan angka 96,35% yang termasuk kategori sangat praktis tidak perlu revisi. Dari hasil di atas menunjukkan bahwa media GUPI adalah media yang layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran guna membantu guru untuk lebih mudah menyampaikan pesan pada siswa dan membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Pembelajaran GUPI, Bahasa Inggris.

Published
2021-07-12
Section
Articles
Abstract Views: 167
PDF Downloads: 240