ANALISIS PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI METODE PENUGASAN PADA PEMBELAJARAN PPKN SECARA DARING KELAS V SDN BALASKLUMPRIK I SURABAYA

  • Ricky Hermawan Universitas Negeri Surabaya
  • Vicky Dwi Wicaksono

Abstract

Pada masa pandemi pembelajaran dilakukan secara daring. Penanaman nilai Pancasila tetap harus dilakukan mengingat pentingnya menyiapkan siswa menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki komitmen kuat untuk mempertahankan kedaulatan negara. Peneliti melakukan penanaman nilai Pancasila kepada siswa melalui metode penugasan berupa video pada pembelajaran PPKn. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang berbentuk Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Balasklumprik I Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas metode penugasan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi nilai-nilai Pancasila sila ke 3 pada pembelajaran PPKn kelas V tema 9 subtema 2 pembelajaran 3. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar, Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan teknik tes untuk mengumpulkan data, tes dibagi dua yaitu pre-test dan post-test, kemudian hasilnya dianalisis melalui SPSS versi 26. Hasil uji independent t-test yaitu 0,00 < 0,05 sehingga diterima dan ditolak, hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara metode penugasan terhadap hasil belajar siswa.. Hasil uji N-Gain kelas VA adalah 0,6609 sedangkan kelas VB adalah 0,3002. Peningkatan hasil belajar yang terjadi di kelas VA lebih besar dari kelas VB. Dengan demikian metode penugasan efektif meningkatkan hasil belajar PPKn materi nilai-nilai Pancasila.  

Kata Kunci: Metode Penugasan, Nilai Pancasila, PPKN SD. 

Author Biography

Vicky Dwi Wicaksono

Published
2021-07-12
Section
Articles
Abstract Views: 798
PDF Downloads: 663