Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah Materi Keragaman Ekonomi di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar

  • Anissia Anggun Kinanti Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno .

Abstract

Kurangnya kemampuan peserta didik dalam menganalisis dapat menghambat kemampuan memahami sebuah masalah, yang mengakibatkan peserta didik kurang mampu melakukan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pemecahan masalah dan mendeskripsikan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pemecahan masalah melalui validasi ahli desain, ahli materi dan angket respon pengguna. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D) oleh Thiagarajan, yang terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan dan (4) Penyebaran. Karena kondisi yang tidak memungkinkan karena pandemi Covid-19, maka penelitian hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan. Teknik pngumpulan data menggunakan instrumen angket validasi desain, instrumen angket validasi materi dan instrumen anget respon pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pemecahan masalah memperoleh persentase kelayakan sebesar 85,29% dari ahli desain, 94,73% dari ahli materi, dan angket respon pengguna menghasilkan 88,33% dengan kriteria sangat baik dan sangat layak digunakan.

Kata Kunci: pengembangan, LKPD, pemecahan masalah.

Published
2021-07-12
Section
Articles
Abstract Views: 233
PDF Downloads: 373