Kesenian Dongkrek Desa Mejayan Kabupaten Madiun Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnopedagogi Di Sekolah Dasar

  • Hasna Luthfiyah Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan pemanfaatan kesenian dongkrek sebagai kearifan lokal, menggali muatan materi dalam kesenian dongkrek, dan mengintegrasikan kesenian dongkrek dengan pembelajaran di sekolah dasar melalui dijadikannya sebagai sumber belajar berbasis etnopedagogi. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan metode etnografi yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur, observasi non partisipatif, dan kajian dokumen. Tahap analisis data yakni reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenian dongkrek memuat beberapa materi seperti matematika, SBdP, IPS, Bahasa Indonesia, agama, dan PPKn. Temuan muatan materi tersebut diintegrasikan ke dalam pembelajaran terpadu di sekolah dasar sesuai dengan kurikulum 2013 yakni melalui dikembangkannya model pembelajaran Webbed dan Connected.

Kata Kunci: kesenian dongkrek, sumber belajar, etnopedagogi.

Abstract

This study aims to find the meaning of the use of dongkrek art as local wisdom, explore the material content in dongkrek art, and integrate dongkrek art with learning in elementary schools by using it as a ethnopedagogy-based learning resources. This type of research is qualitative with ethnographic methods that use data collection techniques consisting of semi-structured interviews, non-participatory observations, and document studies. The stages of data analysis are reduction, presentation, and verification. The results showed that the ddongkrek art contained several materials such as mathematics, art culture and carft, social studies, Indonesian language, religion, and civic education The finding of the materials content are integrated into integrated learning in elementary school in accordance with the 2013 curriculum that is through the development of Webbed and Connected learning models.

Keywords: dongkrek art, learning resources, ethnopedagogy. 

Published
2021-07-12
Section
Articles
Abstract Views: 334
PDF Downloads: 1898