PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA MELALUI AKTIVITAS MEMBACA NYARING PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

  • Riska Ayu Syafira Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk yang sudah ada berupa big book dengan materi cerita dongeng fabel pada siswa kelas II sekolah dasar, dan dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang layak untuk digunakan oleh siswa. Media pembelajaran akan berukuran besar dan berwarna sehingga siswa dapat memahami materi dengan mudah dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan model ADDIE yang memiliki lima bagian penelitian. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji kepraktisan yang menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak dan sangat praktis digunakan oleh siswa. Hal tersebut dikarenakan hasil validasi media mendapatkan persentase sebesar 86% dan hasil validasi materi memperoleh persentase sebesar 86%. Lalu untuk uji kepraktisan media yang telah dikembangkan mendapatkan persentase sebesar 100% dari pengisian angket guru dan persentase sebesar 100% dari angket siswa. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa media Big Book untuk penguatan karakter siswa sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan pada saat pembelajaran.

Kata kunci: Big Book, karakter, dongeng fabel, membaca nyaring.

Published
2021-07-14
Section
Articles
Abstract Views: 210
PDF Downloads: 254