PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “CLICK AND LEARN” PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA BAGI SISWA KELAS V SD

  • Yugo Adiyanto Universitas Negeri Surabaya
  • yoyok yermiandhoko

Abstract

Hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2019 Indonesia berada di urutan  rendah dalam kategori kemampuan membaca, menghitung, maupun sains. Hal ini juga diperburuk dengan kondisi pandemi covid-19 yang melanda sebagian besar negara di dunia termasuk Indonesia. Kondisi ini menyebabkan tuntutan dunia pendidikan untuk melakukan segala proses kegiatan belajar secara daring. Penggunaan media pembelajaran pada saat pandemi covid-19 di rasa masih kurang, oleh sebab itu penelitian ini betujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif bernama “click and learn” berbasis adobe flash untuk mengetahui proses pengembangan multimedia interaktif “click and learn”  dan mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif “click and learn” pada pembelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menerapkan model DDDE. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu dari segi kevalidan diperoleh 85% layak oleh ahli materi dan 90,6% sangat layak oleh ahli media. Selanjutnya dari segi kepraktisan mendapatkan 88% oleh respon siswa dan 89,4% oleh respon guru sehingga multimedia “click and learn” bisa dikatakan praktis. Selanjutnya dari segi keefektifan mendapatkan nilai prob < 0,05 yaitu sebesar 0,003 oleh karena itu dalam uji pretest dan posttest terlihat perbedaan yang signifikan dan  rata-rata nilai uji posttest mengalami peningkatan, dengan ini menunjukan bahwa multimedia “click and learn” dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa multimedia interaktif “click and learn” layak untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia.

Kata Kunci: Covid-19, multimedia interaktif, sistem pernapasan manusia, siswa.

Published
2021-07-14
Section
Articles
Abstract Views: 370
PDF Downloads: 425