PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE TEKA-TEKI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD

  • Rahmad Bashari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, tidak sedikit guru yang mengajar hanya dengan menggunakan media pembelajaran seadanya, menyebabkan peserta didik kurang aktif dan cepat bosan di kelas. Oleh sebab itu dibutuhkan media pembelajaran yang memadai, diantaranya yaitu puzzle teka-teki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan & kevalidan dari media puzzle teka-teki dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi sistem pencernaan pada manusia kelas V SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu R&D (Reseach & development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, design, development, implementation,& evaluation). Dikarenakan dalam penelitian ini hanya sampai tahap validasi, maka pada model ADDIE, tahap implementasi& evaluasi tidak dilakukan. Oleh karena itu, metode pengumpulan datanya yaitu menggunakan metode angket berupa instrument penilaian yang kemudian diberikan kepada validator ahli media dan ahli materi guna memberikan nilai serta kritik dan masukan terhadap materi dan media yang telah dirancang agar lebih diperbaiki. Dengan angket tersebut peneliti dapat mengetahui persentase tingkat kevalidan media. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan, persentase kevalidan yang didapatkan sebesar 80,5% untuk validasi dari ahli materi dengan kriteria sangat valid dan 86,5% untuk validasi ahli media yang berkategorikan sangat valid pula. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menerapkan media puzzle teka-teki pada materi sistem pencernaan manusia kelas 5 SD sangat layak untuk digunakan.

Kata kunci: pengembangan, media puzzle, pencernaan manusia.

Published
2021-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 316
PDF Downloads: 497