PENGGUNAAN METODE SHOW AND TELL PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI DEPAN UMUM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Pridhayanti Mega Utami Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata
  • Heru Subrata

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada kurangnya rasa percaya diri siswa dalam melakukan berbicara di depan umum. Kenyataan ini terjadi karena kurangnya proses pembelajaran yang melibatkan siswa untuk tampil di depan kelasnya, sehingga keterampilan berbicara di depan umum siswa kurang terasah. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui perubahan atau hasil dari diterapkannya metode show and tell dalam keterampilan berbicara di depan umum siswa kelas V SDN Tambakrigadung I Lamongan melalui teknik tes dan non tes yang meliputi kuisioner dan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Penelitian dilakukan dengan dua kali tes yakni pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian ini yaitu siwa kelas V SDN Tambakrigadung I Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 90,33% dengan kategori sangat baik. Adapun nilai rata-rata kelas pada saat pretest adalah 49, dan nilai rata-rata kelas pada saat posttest naik menjadi 85. Teknik analisis data menggunakan rumus paired sample test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig.(2-tailed) = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Dapat diartikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode show and tell dapat memberikan kontribusi dan motivasi siswa pada pembelajaran keterampilan berbicara di depan umum siswa kelas V SDN Tambakrigadung I Lamongan.

Kata Kunci: metode show and tell, pembelajaran, keterampilan berbicara di depan umum.

Published
2021-07-19
Section
Articles