PENGGUNAAN MEDIA KARTU PANTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SDN WAUNG SIDOARJO

  • Muhammad Nurul Azhari Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan media pantun terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas V SDN Waung Sidoarjo. Pengumpulan data pelitian deskriptif kuantitatif dengan desain “One Group Pretest-Posttest” ini dilakukan melalui observasi dan pemberian soal pretest-posttest. Hasil penelitian yang ditunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan siswa dalam menulis pantun. Selain itu, siswa juga dapat memberikan respon yang baik dalam proses belajar mengajar terkait penggunaan media kartu pantun. Sedangkan untuk data keterampilan menulis pantun siswa menunjukkan predikat sangat baik pada aspek isi dan pengetahuan, predikat baik pada aspek penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan predikat baik pada aspek tampilan saat melafalkan pantun. Peningkatan keterampilan menulis pantun siswa juga dilihat dari nilai pretest dan posttest siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari 60,45 menjadi 95,45. Hal ini menunjukkan bahwa media kartun pantun efektif digunakan guna menambah keterampilan menulis pantun kepada siswa.

Kata Kunci : media kartu pantun, keterampilan menulis pantun siswa

Published
2021-07-19
Section
Articles