Pengembangan Media Pop Up Book Imagiantion (PUBG) Untuk Keterampilan Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan media, mendeskripsikan validitas media serta mendeskripsikan kelayakan media Pop Up Book Imaginaton (PUBG) untuk keterampilan menulis puisi kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi oleh Setyosari dengan 5 tahapan pengembangan. Pengumpulan data penelitian pengembangan menggunakan teknik angket dan teknik validitas. Hasil validitas materi adalah 87% dengan kriteria valid. Validitas media sebesar 86,6% dengan kriteria valid. Sedangkan angket siswa adalah 97,2% dengan kriteria sangat layak untuk digunakan. Dapat disimpulkan bahwa media mempunyai kualitas produk dan layak digunakan untuk keterampilan menulis puisi kelas IV sekolah dasar.
Kata Kunci: Pengembangan, media Pop Up Book Imaginaton (PUBG), keterampilan menulis puisi.
Abstract
The purpose of this development research is to describe the process of media development, describe the validity of the media and describe the feasibility of Pop Up Book Imaginaton (PUBG) media for poetry writing skills for grade IV elementary school. The type of research used is the Research and Development (R&D) development model of Borg & Gall which was adapted by Setyosari with 5 stages of development. The collection of research development data uses a questionnaire technique and a validity technique. The result of material validity is 87% with valid criteria. The media validity is 86.6% with valid criteria. While the student questionnaire is 97.2% with very feasible criteria to be used. It can be concluded that the media has product quality and is suitable for use for poetry writing skills for grade IV elementary school.
Keywords: Development, Pop Up Book Imaginaton (PUBG) media, poetry writing skills.