PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER DONGENG UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Salsabila Dhafi Anggraeni Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengembangkan atau menghasilkan produk media Kalender Dongeng. Pengembangan media Kalender Dongeng ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan media Kalender Dongeng, untuk mengetahui kevalidan media Kalender Dongeng, dan untuk mengetahui kepraktisan media Kalender Dongeng untuk keterampilan menyimak siswa kelas III Sekolah Dasar yang akan menjadi alternatif media pembelajaran yang layak digunakan oleh siswa dengan kualifikasi valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang memiliki lima tahapan (analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan lembar angket. Hasil uji validasi media yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 91% dan dinyatakan sangat valid. Uji validasi materi memperoleh persentase sebesar 90% juga dinyatakan sangat valid. Sedangkan untuk uji kepraktisan media dinyatakan sangat praktis dengan hasil persentase sebesar 100% dari pengisian angket guru dan mendapatkan persentase 100% dari pengisian angket siswa. Berdasarkan hasil kevalidan dan kepraktisan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Kalender Dongeng untuk keterampilan menyimak siswa termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan pada saat pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan, Kalender Dongeng, dongeng, keterampilan menyimak

Published
2021-07-22
Section
Articles