PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI KERAGAMAN BUDAYA

  • inin inin universitas negeri surabaya
  • mintohari mintohari

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan pada saat guru memberikan materi pembelajaran tematik pada peserta didik kelas IV. Minimnya sinyal internet membuat guru merasa kesulitan pada saat menyampaikan materi secara daring. Penyampaian materi dengan menggunakan media gambar dan buku tema membuat peserta didik tidak dapat fokus sepenuhnya sehingga mempengaruhi pemahaman peserta didik dalam menerima materi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan sebuah media Fun Thinkers Book yang mampu melibatkan peserta didik secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui valid atau tidaknya produk pengembangan media pada pembelajaran tematik materi keragaman budaya kelas IV Sekolah Dasar. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil dari validasi media yang telah dilakukan oleh dosen yang ahli dalam media konkret memperoleh presentase 100% sehingga media masuk dalam kategori sangat valid, selain itu materi juga di validasi oleh dosen yang ahli dalam materi pembelajaran dan memperoleh presentase 80% sehingga materi masuk dalam kategori valid. Dari hasil validasi yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa Media Fun Thinkers Book layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam mengajarkan materi Keragaman Budaya.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Fun Thinkers Book, Tematik

Published
2021-07-19
Section
Articles