PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Rentika Widhi Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil obervasi saat melakukan PLP pada suatu sekolah dasar. Adapaun hasil observasi menunjukkan bahwa media untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih kurang variatif terutama yang berhubungan dengan keterampilan menyimak siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian pengembangan media video animasi untuk membantu siswa dalam pembelajaran menyimak cerita. Penelitian ini bertujuan menjelaskan proses pengembangan media video animasi untuk keterampilan menyimak cerita siswa kelas IV SD dan untuk mengetahui kualitas media dari segi kepraktisan, kevalidan dan keefektifan media. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen Pengumpulan data berupa lembar angket, hasil tes siswa dan lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Adapaun kepraktisan media menunjukan bahwa hasil angket respon guru memperoleh skor sebesar 100 dan hasil angket respon siswa memperoleh skor sebesar 93,05. Kevalidan media menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 91,67 dan hasil validasi ahli media memperoleh skor sebesar 90,78. Keefektifan media video animasi memperoleh skor sebesar 85,5. Berdasarkan hasil kepraktisan, kevalidan dan keefektifan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kepraktisan media termasuk dalam kategori sangat praktis, kevalidan media dan materi termasuk dalam kategori sangat valid, keefektifan media termasuk dalam kategori sangat baik.

Kata kunci: pengembangan, media video animasi, keterampilan menyimak cerita.

Published
2021-07-19
Section
Articles