PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA PELAJARAN IPA DALAM MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN KELAS IV SD

  • Ragil Tegar Bagaskara Universitas Negeri Surabaya
  • Farida Istianah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran sparkol videoscribe yang layak digunakan pada materi siklus hidup hewan di kelas IV Sekolah Dasar. Sasaran penelitian yaitu kelas IV SDN Pakis 2 Trowulan Mojokerto tahun pelajaran 2019-2020. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan Reseacrh and Development dengan modifikasi dikarenakan peneliti hanya mengetahui kelayakan produk untuk hasil belajar siswa dengan tahapan menentukan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan revisi produk kembali. Hasil validasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran videoscribe berbasis sparkol layak digunakan dengan nilai persentase 88,3% dan respon siswa terhadap media videoscribe berbasis sparkol pada uji skala kecil dan uji skala besar diperoleh 93,16% dan 95,41%. Selain itu, dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis dengan hasil terdapat perbedaan yang bermakna antara hasil pretest dan posttest serta adanya pengaruh dari pengembangan media videoscripe terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Media pembelajaran sparkol videosribe, kelayakan media, hasil respon siswa.

Published
2021-07-22
Section
Articles