PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID ABRAKADABAR UNTUK MENUMBUHKAN MINAT SISWA DALAM MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Fany Wahyu Febriyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih

Abstract

Pandemi covid-19 membuat segala aspek kehidupan mengalami perubahan, terutama dalam hal pendidikan. Pembelajaran terpaksa dilakukan secara online atau disebut daring (dalam jaringan), untuk mendukung sistem pembelajaran tersebut, dunia pendidikan membutuhkan media pembelajaran yang dapat digunakan secara fleksibel dan menyenangkan bagi siswa sebagai ganti pembelajaran tatap muka yang tidak bisa dilakssiswaan. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis android Abrakadabar ini dapat membantu siswa dalam menumbuhkan minat menulis karangan narasi pada kelas IV sekolah dasar dengan melibatkan penggunaan teknologi sehingga siswa dan guru dapat mengakses media pembelajaran dengan fleksibel. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembuatan media, kevalidan media dan juga dapat mendeskripsikan minat dari siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis android Abrakadabar pada kelas IV di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan menggunakan model 4D. Instrumen pengumpulan data penelitian didapatkan dengan lembar validasi materi, media, lembar angket siswa dan guru. Hasil penelitian tersebut mendapatkan hasil validasi materi sebesar 92,72%, validasi media sebesar 85,71%. Setelah validasi dan uji coba dilakukan didapatkan hasil dari sebaran angket kepada siswa sebesar 95% dan angket guru 90%. Sehinga media pembelajaran Abrakadabar dinyatakan valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi menulis karangan narasi pada kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci : Pengembangan media Abrakadabar, menulis karangan narasi.

Published
2021-07-23
Section
Articles