PENGEMBANGAN PERMAINAN ENGKLEK SEWUAN UNTUK PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

  • Intan Awwaluna Firdaus Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono Budiyono

Abstract

Penelitian pengembangan permainan engklek sewuan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media permainan engklek sewuan, mengetahui kevalidan media dan mengetahui kelayakan media permainan engklek sewuan sehingga media permainan engklek sewuan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi bangun datar untuk siswa kelas 2 sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif R & D dan menggunakan model pengembangan ADDIE dalam pelaksanaannya. Pada penelitian ini diperoleh hasil validasi materi sebesar 78,84% (sangat valid) dan hasil validasi media sebesar 92,5% (sangat valid). Hasil kuisioner uji coba media diperoleh hasil sebesar 92,91% (sangat layak) dan dari hasil kuisioner observasi terhadap subjek uji coba sebesar 80% (sangat layak). Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, media permainan engklek sewuan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran matematika materi bangun datar pada kelas 2.

Kata Kunci: Pengembangan media, engklek sewuan, bangun datar.

Published
2021-07-22
Section
Articles