PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • rizki bagus setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • wahyu sukartiningsih

Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash, untuk mengetahui kualitas media yang digunakan dan mengetahui kualitas media yang baik dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan rancangan Borg and Gall yang terdiri atas 10 tahap. Subjek uji coba yang digunakan adalah peserta didik kelas IV SDN Kemuning Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik validasi, observasi, angket, dan tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah data hasil validasi, data hasil observasi, data angket tanggapan peserta didik, dan data tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran berbasis adobe flash dapat  dikatakan berkualitas karena telah memenuhi kriteria valid berdasarkan tahapan validasi. Selain itu dikatakan praktis dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang meningkat setelah diberikan treatment dan hasil angket tanggapan peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan validasi, angket, observasi, dan tes. Hasil validasi media berbasis adobe flash yaitu 86,6% dengan kategori sangat valid. Kemudian efektivitas t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 15,304> 2,074 pada uji coba lapangan produk final di kelas IV-A SDN Kemuning Sidoarjo. Tanggapan yang diberikan peserta didik adalah sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 88,6% dengan demikian dapat dinyatakan media interaktif berbasis adobe flash baik digunakan bagi peserta didik maupun pengguna.

Kata kunci: pengembangan, media interaktif berbasis adobe flash, keterampilan menulis paragraf

Published
2021-07-26
Section
Articles