PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

  • Miranda Dwi Agustin Universitas Negeri Surabaya
  • Ulhaq Zuhdi

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran daring akibat pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini. Pembelajaran daring memerlukan adanya media pembelajaran modern untuk membantu siswa belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 materi sifat dan perubahan wujud benda. Media yang dikembangkan selanjutnya diuji kelayakannya dengan aspek valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ASSURE yang terdiri atas 6 tahapan, yaitu: (1) analisis siswa, (2) menentukan tujuan, (3) memilih metode, media, dan materi, (4) menggunakan media dan materi, (5) partisipasi siswa, dan (6) evaluasi dan revisi. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, media yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan untuk siswa kelas V SD. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi media yang memperoleh presentase sebesar 90% dan validasi materi sebesar 85%, kuisioner siswa sebagai pengguna sebesar 94%, serta nilai rata-rata hasil belajar pre-test dan post-test siswa yang mengalami peningkatan dari 50 ke 82. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 materi sifat dan perubahan wujud benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, Articulate Storyline 3, sifat dan perubahan wujud benda, hasil belajar, sekolah dasar

Published
2021-07-28
Section
Articles