EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TARI TOPENG MALANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

  • Aulia Ditta Nurina Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati

Abstract

Etnomatematika merupakan aplikasi matematika dalam kehidupan budaya. Salah satu kebudayaan Indonesia adalah tarian tradisional. Tarian tradisional dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika dan digunakan sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar. Penelitian ini memiliki tujuan menjelaskan aktifitas etnomatematika yang ada pada tari Topeng Malangan. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu sumber belajar berupa hand out. Jenis riset ini kualitatif dengan metode etnografi. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subyek riset adalah pemilik sanggar tari Topeng Malangan Asmorobangun dan penari tari Topeng Malangan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa: (1) Terdapat unsur Etnomatematika pada gerak tari Topeng Malangan yaitu garis dan sudut; (2) Hasil eksplorasi etnomatematika tari Topeng Malangan dapat dijadikan sumber belajar berupa hand out.

Kata Kunci: Tari Topeng Malangan, Eksplorasi, Sumber Belajar, Etnomatematika

Published
2021-07-28
Section
Articles