Eksplorasi Tari Remo Untuk Literasi Matematika Sekolah Dasar
Abstract
Minimnya pemanfaatan budaya terhadap literasi di sekolah, menyebabkan budaya tersebut mudah untuk terlupakan. Untuk itu perlu diadakan sebuah penelitian dengan tujuan untuk mengeksplorasi tari Remo sebagai literasi, terutama literasi matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam tari Remo terdapat bermacam-macam aktivitas matematika, seperti aktivitas mengukur, menghitung, dan menentukan lokasi; (2) Hasil dari eksplorasi matematika dapat digunakan untuk literasi matematika di sekolah dasar, karena dalam tari Remo terdapat aktivitas matematika yang dapat mendukung literasi matematika terutama di sekolah dasar.
Kata kunci: Eksplorasi, Tari Remo, Literasi Matematika