PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KANTONG PINTAR (PAKAPIN) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUB TEMA GEMAR BEROLAHRAGA UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

  • Maria Melania Jou Universitas Negeri Surabaya
  • Mulyani M.pd

Abstract

Peranan media pembelajaran sangatlah penting dalam suatu proses pembelajaran. Pembelajaran cenderung membosankan apabila guru hanya menggunakan buku paket dan mengandalkan papan tulis sebagai alat menghitung dan mencari hasil. Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa media papan kantong pintar (Pakapin) yang akan membantu menunjang keberhasilan belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development melalui model yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yaitu model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan media layak digunakan dengan hasil uji validasi media mendapat presentase 74% dengan kriteria valid, hasil uji validasi materi mendapat presentase 88% dengan kriteria sangat valid, uji validasi responden siswa dengan memberikan angket mendapat presentase 92% kriteria sangat layak. Hasil uji keefektifan media dengan melakukan tes ketuntasan belajar kepada 5 siswa SDI Tetandara mendapat presentase 80% dengan kriteria baik dan menganalisis peningkatan hasil belajar dengan rumus N-gain mendapat presentase 0,46 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut maka media papan kantong pintar (pakapin) dinyatakan layak untuk digunakan.

Kata Kunci : Pengembangan, Pakapin, Tematik, model ADDIE

Published
2021-08-13
Section
Articles
Abstract Views: 974
PDF Downloads: 1415