PENGEMBANGAN MEDIA KUSUKA UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

  • intan nisful laely Universitas negeri surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan media KUSUKA bertujuan untuk menjelaskan proses, kelayakan melalui validitas dan kepraktisan dari media KUSUKA untuk keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 siswa dan dilakukan pada uji coba skala kecil. Lembar validasi dan lembar angket merupakan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian pengembangan media ini berupa data kualitatif yang diperoleh  dari proses, saran dan masukan dari validator serta data kuantitatif diperoleh dari hasil perhitungan lembar validasi dan angket yang diberikan. Hasil validasi oleh ahli media  dan ahli materi diperoleh hasil sebesar 88%, sedangkan hasil dari angket yang diberikan kepada guru dan siswa diperoleh hasil sebesar 100%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa validitas media termasuk kategori sangat valid dan kepraktisan media termasuk kategori sangat praktis sehingga media KUSUKA layak digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar.

Kata Kunci: pengembangan, media KUSUKA, keterampilan membaca permulaan.

 

Abstract

Kusuka media development research aims to explain the process, feasibility through the validity and practicality of KUSUKA media for early reading skills. This research uses ADDIE model consisting of 5 stages covering the analysis, design, development, implementation and evaluation. The samples used in this study were as many as 5 students and were conducted on a small-scale trial. Validation sheets and questionnaire sheets are instruments used for data collection. The results of this media development research in the form of qualitative data obtained from the process, suggestions and inputs from validators and quantitative data obtained from the results of validation sheets and questionnaires provided. Validation results by media experts and material experts obtained results of 88%, while the results from questionnaires given to teachers and students obtained results of 100%. So, it can be concluded that the validity of the media belongs to a very valid category and the practicality of the media belongs to a very practical category so that kusuka media is worth using in the early reading learning of grade 1 elementary school students.

Keywords: development, kusuka media, beginning reading skills.

Published
2021-08-13
Section
Articles
Abstract Views: 269
PDF Downloads: 277