HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD SELAMA PEMBELAJARAN DARING

  • Putri Hidayatin Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono Budiyono

Abstract

Bimbingan belajar yang diberikan orang tua sangat dibutuhkan dalam pembelajaran daring selama era pandemi COVID-19 khusunya untuk mata pelajaran Matematika yang tidak bisa diajarkan dengan metode verbal saja menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu mencari hubungan/relasi antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V UPT SD Negeri 233 Gresik dalam materi pelajaran jaring-jaring kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dan kausal (hubungan sebab dan akibat). Metode pengambilan sampel pada penelitian ini memanfaatkan metode non-probabilty sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini memanfaatkan instrumen angket (kuesioner), tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan belajar yang dilangsungkan oleh orang tua dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V UPT SD Negeri 233 Gresik semasa pembelajaran daring era pandemi COVID-19 memiliki korelasi (hubungan) positif dan signifikan (berarti) dengan nilai korelasi (r-hitung) sebesar 0,536 > r-tabel 0,368 dengan taraf signifikan 5%.

Kata Kunci: bimbingan, orang tua, hasil belajar, pembelajaran daring.

Published
2021-08-16
Section
Articles
Abstract View: 46
PDF Download: 34