PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN TROSOBO II

  • Lenny Tri Utami Santoso Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial tik tok dalam pembelajaran dan mengetahui apakah terdapat pengaruh pemanfaatan media sosial tik tok terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Trosobo II pada semester 2 tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi covid-19. Metode penelitian mengunakan pre experimental design dengan rancangan one group pre-test post-test design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji T-Test. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, angket, serta tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Trosobo II yang berjumlah 10 siswa. Hasil penelitian Uji T diperoleh thitung > ttabel (3,107 > 2,306), menunjukkan adanya pengaruh pemanfaatan media sosial tik tok terhadap keterampilan berbicara.

Kata Kunci: media sosial tik tok, keterampilan berbicara.

Published
2021-08-25
Section
Articles
Abstract View: 141
PDF Download: 132