PENGEMBANGAN SOAL OBJEKTIF DALAM MATA PELAJARAN PPkN MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Inda Wafda Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Abstrak

Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian dan pengembangan dengan menggunkana model ADDIE yang akan menghasilkan soal objektif yang berjumlahkan 20 soal dalam bentuk pilihan ganda yang mengarah dalam ranah kognitif yakni penerapan dan analisis utntuk mata pelajaran PPkN materi persatuan dan kesatuan kelas V SDNĀ  Anggaswangi 1 Sidoarjo. Populasi yang diambil dari seluruh siswa kelas V yang berjumlah 40 orang. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 20 siswa dari kelas V. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan soal objektif yang nantinya akan divalidasi dan analisis kualitas soal. Dari hasil yang diperoleh tingkat kevalidan oleh ahli materi sebesar 78% yang dinyatakan valid dan hasil dari validasi Guru kelas V diperoleh sebesar 86 % dengan kriteria sangat valid. Dari hasil valiasi yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa soal objektif layak digunakan dan diujikan terhadap siswa kelas V. Setelah soal objektif divalidasi, selanjutnya akan diuji beda. Dari hasil yang diperoleh 20 soal yang diuji beda menunjukkan hasil dengan 11 soal dikategorikan cukup dan 9 soal dikategorikan baik. Sehingga dari uji daya beda 20 butir soal, dinyatakan lolos dalam uji tingkat daya beda soal. Tahap akhir dalam analisis butir soal yakni dengan uji tingkat kesukaran, sebanyak 19 butir soal dengan kriteria mudah dan 1 butir soal dengan kriteria sedang.

Kata Kunci: pengembangan, soal objektif.

Published
2021-08-25
Section
Articles
Abstract View: 46
PDF Download: 38