PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI MATERI TANAMAN DIKOTIL DAN MONOKOTIL KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang prosedur pengembangan media permainan monopoli untuk materi tanaman dikotil dan monokotil siswa kelas IV sekolah dasar serta mengetahui kualitasnya dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan prosedur penelitian melalui 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, serta tahap evaluasi. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar validasi serta lembar angket. Hasil dari instrumen tersebut menunjukkan hasil vaidasi ahli media mendapat nilai sebesar 87,78%, hasil validasi ahli materi mendapat nilai sebesar 91%, hasil angket respon peserta didik mendapat nilai sebesar 89%, dan hasil angket respon guru mendapat nilai sebesar 94,67%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kevalidan media serta materi masuk dalam kategori sangat valid dan kepraktisan media masuk dalam kategori sangat praktis.
Kata Kunci: pengembangan, media permainan monopoli, tanaman dikotil dan monokotil.