PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “HARTA KARUN SISIL” DALAM MATERI MENGENAL SIMBOL SILA-SILA PANCASILA PADA LAMBANG NEGARA UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

  • Putri Indana Zulfa Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan proses, kevalidan, serta kepraktisan media Harta Karun Sisil dalam materi mengenal simbol sila-sila Pancasila pada lambang negara untuk siswa kelas I Sekolah Dasar. Metode yang diterapkan pada penelitian ini berupa R&D dengan menerapkan model ADDIE yang terdiri dari analyse (analisis), design (desain), development (pengembangan) implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Sampel pada penelitian ini menggunakan skala kecil dengan melibatkan 5 siswa kelas I Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, lembar validasi dan angket penggunaan. Hasil persentase kevalidan media sebesar 89,23% dan materi sebesar 88,57%. Sedangkan hasil kepraktisan yang diperoleh dari angket guru sebesar 97,5% dan angket siswa sebesar 99,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Harta Karun Sisil sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran PPKn materi mengenal simbol sila-sila Pancasila pada lambang negara untuk siswa kelas I Sekolah Dasar.

Kanta kunci : Harta Karun Sisil, simbol sila, media pembelajaran

 

Abstract

The purpose of this research is to explain the process, validity, and practicality of the Harta Karun Sisil media in the material about recognizing the symbols of the Pancasila precepts on the state symbol for 1st grade elementary school students. The method who applied in this research is R&D by applying ADDIE models consisting of analyze, design, development, implementation, evaluation. The samples in this research used a small scale involving 5 1st grade elementary school students. The data collection techniques used in this research consisted of observation, interviews, validation sheets and usage questionnaires. The result of media validity percentage is 89.23% and the material is 88.57%. While the practicality results obtained from the teacher's questionnaire is 97.5% and the student's questionnaire is 99.6%. Therefore, it can be concluded that Harta Karun Sisil media is very valid and very practical to applied in Civics learning material about recognizing the symbols of the Pancasila precepts on the state symbol for 1st grade  elementary school students.

Keyword : Harta Karun Sisil, precepts symbol, learning media

Published
2021-09-27
Section
Articles
Abstract Views: 485
PDF Downloads: 978