PENGEMBANGAN MEDIA RODA BERKANTONG KARTU KUARTET UNTUK PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

  • Khusnia Khusnia Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Roda Berkantong Kartu Kuartet untuk pembelajaran kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas I sekolah dasar dan mengetahui kualitas media berdasarkan kriteria kevalidan dan kepraktisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluate. Subjek penelitian adalah siswa kelas I sekolah dasar. Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Jenis data menggunakan qualitative data dan quantitative data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan dari uji validasi oleh ahli materi menujukkan hasil 90% dan uji validasi oleh ahli media menujukkan hasil 86% dengan kategori sangat valid. Adapun uji kepraktisan dari angket respon guru menunjukkan hasil 100% dan angket respon siswa menunjukkan hasil 100% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa media Roda Berkantong Kartu Kuartet dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas I sekolah dasar.

Kata Kunci: pengembangan, media Roda Berkantong Kartu Kuartet, membaca menulis permulaan.

Abstract

This development research aims to produce a Quartet Card Pocket Wheel media product for learning reading and writing skills at the beginning of 1st grade elementary school students and determine the quality of the media based on the criteria of validity and practicality. This type of research is development research using the ADDIE model consisting of 5 stages, that is analyz, design, development, implemntation and evaluate. The research subjects were 1st grade elementary school studnts. The data colection instrment used a validation shet and a questionaire shet. Types of data using are qualtative data and quantiative data. The results showed that the validity of the validation test by material experts showed 90% results and the validation test by media experts showed 86% results in the very valid category. The practicality test of the teacher's response questionnaire showed 100% results and the student response questionnaire showed 100% results in the very practcal category. It can be conclded that the Quartet Card Pocket Wheel media is stated to be very valid and very practical to use in learning reading and writing skills at the beginning of 1st grade elementary school students.

Keywords: development, Quartet Card Pocket Wheel media, reading and writing beginning.

Published
2021-10-03
Section
Articles
Abstract Views: 161
PDF Downloads: 214