Pengembangan Media Monopoli Untuk Keterampilan Menulis Pembelajaran Pantun Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Ziza Alifiani Firdaus Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini  bertujuan untuk mengembangkan media monopoli untuk keterampilan menulis pembelajaran  pantun kelas V SD. Dengan adanya penelitian ini maka dapat diketahui proses pengembangan media monopoli pantun dan  dapat mengetahui kelayakan media dengan kualifikasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini didasari oleh kurangnya penggunaan media yang digunakan untuk melatih keterampilan yang dimiliki siswa dalam menulis pantun di kelas V SDN Dadapan Balong Ponorogo. Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan dapat diketahui bahwa hasil pengembangan media monopoli pantun layak digunakan dalam proses pembelajaran kelas V SD. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil validasi materi memperoleh persentase 85%, hasil validasi media memperoleh persentase 85%, hasil uji kepraktisan memperoleh persentase 97,7%, hasil uji keefektifan memperoleh persentase 97%. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkani bahwa media monopoli pantun sangat layak digunakan dalam kegiatan belajar.

Kata Kunci: media monopoli pantun, keterampilan menulis pantun. 

 

 

Abstract

The Research aims to develop monopoly media for poetry writing skills for fifth grade elemtary school student. With this research, it can be seen the process of developing rhyme monopoly media  and can also find out the feasibility of the media with qualifications of validity, practicality, and effectiveness. The research is motivated by the lack of use of media used to train students’ skills in writing rhymes in class V SDN Dadapan Balong Ponorogo. By using the ADDIE method which has five stages, it can be seen that the result of developing rhyme monopoli media are suitable for use in the learning process for fifth grade elementary school. This can be proven by the result of material validation getting an percentage of 85%, the result of media validation getting percentage of 85%, the result of the practicality test getting a percentage of 97,7%, the result of the effectiveness test getting a percentage of 97%. Based in these data, it can be concluded that the rhyme monopoly media is very feasible to be used in the learning process.

Keywords: rhyme monopoly media, rhyme writing skills.

 

Published
2021-10-05
Section
Articles
Abstract Views: 338
PDF Downloads: 341