PENGEMBANGAN MEDIA GAME DUPAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD

  • Nita Dwi Oktaviani Universitas Negeri Surabaya
  • Mintohari Mintohari

Abstract

Abstrak

Pengembangan media game dupan dilatarbelakangi oleh kebutuhan yang ada saat ini dengan memanfaatkan teknologi untuk belajar. Kenyataannya peneliti menyadari sebelumnya sudah ada media pembelajaran daur hidup hewan secara konkret, sehingga dalam hal ini penulis ingin mengembangkan media yang lebih inovatif dan menarik yaitu media game dupan berbasis android. Didukung dengan kondisi pandemi sekarang ini, kurangnya media yang dihadirkan dalam membantu proses pembelajaran IPA secara daring. Penelitian mengembangkan media game dupan berbasis android bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan serta keefektifan media game dupan pada materi daur hidup hewan mata pelajaran IPA kelas IV SD. Jenis penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian pengembangan (Research and Development), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan tujuan menghasilkan sebuah produk, baik dalam bentuk perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil validasi media mendapatkan persentase sebesar 86,1% dan validasi materi sebesar 84,35% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media game dupan pada uji coba pemakaian produk ditinjau dari tanggapan siswa mendapatkan persentase sebesar 96% dan dari tanggapan guru sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media ditinjau dari persentase ketuntasan hasil belajar adalah 80% dengan kategori efektif dan N-Gain 0,64 dengan kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media game dupan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: pengembangan, android, game dupan, materi daur hidup hewan.

 

Abstract

The development of dupan game media is motivated by the current need to use technology for learning. In fact, the author realizes that previously there has been a concrete animal life cycle learning media, so in this case the author wants to develop a more innovative and interesting media, namely the Android-based Dupan game media. Supported by the current pandemic conditions, there is a lack of media that is presented to help the online science learning process. The research to develop an android-based incense game media aims to determine the validity, practicality and effectiveness of the incense game media on animal life cycle material for science subjects for fourth grade elementary school. This type of research is designed in the form of research and development, which is a research conducted with the aim of producing a product, either in the form of hardware (hardware) or software (software). The data obtained were then analyzed using quantitative descriptive techniques. The results of media validation get a percentage of 86.1% and material validation of 84.35% with a very valid category. The practicality of the Dupan game media in the trial of using the product in terms of student responses got a percentage of 96% and from the teacher's response it was 100% with a very practical category. The effectiveness of the media in terms of the percentage of mastery learning outcomes is 80% in the effective category and the N-Gain 0.64 in the medium category. Thus, it can be concluded that the dupan game media is feasible to be used as a learning medium.

Keywords: development, android, dupan game, animal life cycle material.

Published
2021-10-30
Section
Articles
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 150