PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PENDEK UNTUK MEMBANTU SISWA MEMAHAMI MATERI BHINNEKA TUNGGAL IKA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • adytia aminudin al habib universitas negeri surabaya

Abstract

Pengujian perbaikan media Video Pendek bertujuan untuk membina media pembelajaran pilihan yang bergantung pada media video pada materi Bhinneka Tunggal Ika untuk kelas V SD, untuk memutuskan keabsahan dan akal sehat media Video Pendek, dan untuk memutuskan kecukupan Media Video Pendek dalam membantu mahasiswa memahami materi Bhinneka Tunggal Ika. Sekolah Dasar Kelas V. Dalam media video pendek yang berkembang, para ahli memanfaatkan adaptasi Borg and Nerve dari Arifin (2012), yang disusun ulang menjadi 5 fase perkembangan karena pandemi Coronavirus yang belum selesai dan sesuai penyesuaian dari Pratama dkk., (2016). Untuk menentukan tingkat keabsahan media Video Pendek dilakukan uji persetujuan dari pakar materi dengan konsekuensi 83,03 % (Sangat Sah), demikian juga uji persetujuan dilakukan dari master media utama 81,6% dan uji persetujuan media kedua. adalah 85% (Sangat Substansial). ). Kemudian, untuk menentukan kewajaran media video pendek tersebut, dilakukan pendahuluan terbatas pada siswa kelas VI SDN 1 Pohwates Bojonegoro dengan hasil 90,02 % (Sangat Bermanfaat). Selain itu, untuk menentukan kecukupan media video pendek dalam membantu siswa dalam memahami materi Bhinneka Tunggal Ika, dilakukan pengujian dengan hasil nilai normal pretest siswa sebesar 56,06 dan nilai posttest sebesar 88,03. Sehingga cenderung beralasan bahwa media video pendek dapat dikatakan sangat sah, sangat bermanfaat dan sangat layak untuk digunakan oleh siswa kelas 5 SD yang mengalami kendala dalam mempelajari materi Bhinneka Tunggal Ika.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Pendek, Bhinneka Tunggal Ika, Sekolah Dasar.

 

Published
2021-11-11
Section
Articles
Abstract Views: 638
PDF Downloads: 565