Pengembangan Media Monopoli untuk Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Winda Syafitri Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Hendratno

Abstract

Pada penelitian ini telah dikembangkan media monopoli materi menulis puisi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar yang bertujuan untuk memaparkan kevalidan serta kepraktisan sarana pembelajaran monopoli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi materi dan media, serta angket tanggapan siswa dan guru. Hasil penelitian kevalidan materi dan media yang diperoleh dari hasil uji validasi materi dan media menunjukkan 88%. Hasil penelitian kepraktisan yang diperoleh dari hasil angket respon siswa sebesar 94% dan guru sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli yang telah dikembangkan dengan materi menulis puisi sangat valid dan sangat praktis diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan, monopoli, menulis, puisi

Published
2021-11-22
Section
Articles
Abstract Views: 175
PDF Downloads: 122