Pengembangan Media Ular Tangga untuk Keterampilan Membaca Teks Nonfiksi Kelas IV Sekolah Dasar

  • Faradhiyah Safithri Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menjelaskan proses pengembangan media ular tangga untuk keterampilan membaca teks nonfiksi kelas IV sekolah dasar dan mengetahui kualitas dari segi kevalidan dan kepraktisan media. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa dan dilakukan pada uji coba skala kecil. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar validasi dan lembar angket. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa hasil validasi media memeroleh hasil 88% yang menunjukkan kategori sangat valid dan hasil validasi materi memeroleh hasil 90% yang menunjukkan kategori sangat valid. Adapun hasil angket yang diberikan kepada guru dan siswa memeroleh hasil 100% yang menunjukkan kategori sangat praktis. Dari hasil validasi oleh ahli media, validasi ahli materi dan hasil dari uji coba penggunaan media, dapat disimpulkan bahwa media ular tangga untuk keterampilan membaca teks nonfiksi kelas IV sekolah dasar sangat valid dan sangat praktis untuk diterapkan pada proses pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan, media ular tangga, membaca teks nonfiksi.

Published
2021-11-22
Section
Articles
Abstract Views: 304
PDF Downloads: 222