PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Ni'matur Rohmah Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto S.Pd., M.Pd.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan serta pengaruh dari diterapkannya model pembelajaran Guided Discovery Learning dalam pembelajaran IPA serta untuk  pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar kelas IV SDN Lakarsantri II/473 materi gaya di era pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design yang menggunakan kelompok kontrol dan eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrument observasi aktivitas bagi guru, aktivitas bagi siswa, penilaian hasil belajar ranah afektif (sikap), psikomotorik (keterampilan) dan menggunakan instrument tes soal pretest dan posttest untuk mengetahui pengaruh GDL pada hasil belajar  kognitif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata presentase aktivitas bagi guru, aktivitas bagi siswa, hasil belajar afektif dan psikomotorik ≥78%. Sedangkan hasil  belajar kognitif, nilai ketuntasan siswa kelas eksperimen mendapatkan presentase 36% untuk soal pretest, dan setelah mendapatkan treatment penerapan model GDL presentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 67% pada soal posttest. Perolehan skor gain hasil belajar siswa menunjukkan angka 0,346 yang dapat dikategorikan tingkat efektifitas model pembelajaran yang diterapkan (GDL) adalah sedang. Melalui uji independent sample t-test dengan thitung > ttabel (2,235 > 1,666) diketahui bahwa gain yang diperoleh kelas eksperimen dengan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Sehingga disimpulkan bahwa model Guided Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era pandemi covid-19. Hasil pada penelitian ini menujukkan terdapat pengaruh model pembelajaran GDL terhadap hasil belajar siswa sehingga mampu dijadikan referensi maupun alternatif dalam pemilihin model pembelajaran yang sesuai dengan era pandemi.

Kata Kunci: keterlaksanaan, pengaruh, model guided discovery learning, hasil belajar.

Published
2021-11-22
Section
Articles
Abstract Views: 310
PDF Downloads: 233