PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA RAGAM BAHASA NGOKO DAN KRAMA PADA SISWA KELAS IV

  • Riski Yulia Darmayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran visual dalam bentuk komik unggah-ungguh Bahasa Jawa sebagai alternatif media dalam pembelajaaran Bahasa Jawa materi unggah-ungguh bahasa hingga mencapai tingkat kualifikasi yang telah ditentukan yaitu layak, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, penerapan, evaluasi. Validitas media komik diperoleh melalui hasil validasi ahli media dan validasi ahli materi. Hasil validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 100% (sangat valid). Sedangkan hasil dari validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesarĀ  88,33% (sangat valid). Kepraktisan media diperoleh dari kuisioner respon siswa dan kuisioner respon guru. Pada hasil kuisioner guru menunjukkan persentase sebesar 92,5% (sangat praktis), sedangkan hasil kuisioner siswa menunjukkan persentase sebesar 91,25% (sangat praktis). Hasil efektivitas media diperoleh dari respon siswa terhadapmedia pembelajaran yang digunakan yang memperoleh persentase sebesar 97% sehingga media komik dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media komik unggah-ungguh bahasa Jawa valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi unggah-ungguh kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci: pengembangan media komik, unggah-ungguh bahasa Jawa

Published
2021-12-07
Section
Articles
Abstract Views: 396
PDF Downloads: 764