Pengembangan Media Videoscribe Untuk Keterampilan Menyimak Cerita Fantasi Kelas IV Sekolah Dasar

  • Yogie Habibie Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Hendratno

Abstract

Abstrak

Menyimak sebagai suatu proses dalam mendengarkan dengan seksama dalam memperoleh informasi, mendapatkan pesan, juga memahami apa yang disampaikan oleh pembicara melalui lisan. Melalui menyimak siswa dapat memperoleh informasi untuk menambah wawasannya. Selain itu, menyimak dapat menambah ilmu, mengajarkan siswa untuk menerima dan menghargai pendapat yang disampaikan oleh orang lain sekaligus dapat meningkatkan kognitif siswa. Hambatan yang seringkali dialami siswa adalah kurangnya minat peserta didik dikarenakan ilustrasi atau media yang digunakan guru kurang menarik. Selama infrastruktur yang sesuai tersedia, guru dapat menggunakan videoscribe untuk membantu mereka menyampaikan konten kursus. Selain itu, siswa dapat terlibat dengan konten yang akan membantu mereka meningkatkan keterampilan mendengarkan dan imajinasi mereka. Tujuan tersebut adalah untuk mendeskripsikan proses pembuatan media videoscribe untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas IV saat mendengarkan cerita fantasi, dan menilai validitas pengembangan media videoscribe untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa kelas IV SD saat mendengarkan cerita fantasi. Penelitian dan pengembangan semacam itu dapat dimanfaatkan dalam penelitian ini (Research and Development). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi materi dan angket validasi media. Media ini dibuat dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Namun, pandemi akan menghalangi penerapan strategi ini di sekolah, sehingga tidak termasuk dalam tahap implementasi penelitian ini. 88 persen dari biaya validasi bahan diperhitungkan oleh penelitian ini. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa media videoscribe telah disetujui digunakan oleh siswa kelas IV SD untuk mendengarkan cerita fantasi.

Kata kunci: pengembangan, media videoscibe, keterampilan menyimak, cerita fantasi

 

Abstract

Listening is a process of listening carefully in obtaining information, getting messages, and understanding what the speaker is saying orally. Through listening, students can get information to increase their knowledge. In addition, listening can increase knowledge, teach students to accept and respect the opinions expressed by others as well as to improve students' cognitive. The obstacle that is often experienced by students is the lack of student interest because the illustrations or media used by the teacher are not attractive. As long as the appropriate infrastructure is in place, teachers can use videoscribe to help them deliver course content. In addition, students can engage with content that will help them improve their listening skills and imagination. The aims are to describe the process of making videoscribe media to improve the listening skills of fourth graders when listening to fantasy stories, and to assess the validity of developing videoscribe media to improve fourth grade elementary school students' listening skills when listening to fantasy stories. Such research and development can be utilized in this research (Research and Development). Data was collected using a material validation questionnaire and a media validation questionnaire. This media is made using the ADDIE model, which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. However, the pandemic will hinder the implementation of this strategy in schools, so it is not included in the implementation phase of this research. 88 percent of the material validation costs were accounted for by this study. For this reason, it can be concluded that the videoscribe media has been approved for use by fourth grade elementary school students to listen to fantasy stories.

Keywords: Development, Videoscibe, Listening Skills, Fantasy Strories

Published
2021-12-21
Section
Articles
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 123