Pengembangan Media Komik Cerita Rakyat Untuk Keterampilan Membaca Cerita Siswa Kelas IV Sekolah dasar
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan prosedur pengembangannmedia komik cerita rakyat untuk menumbuhkan kemampuan membaca cerita siswa kelas IV sekolah dasar dan untuk mengetahui kualitassmedia pembelajaran berdasarkan kevalidan dan kepraktisan media. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar validasi media, validasi materi, angket guru dan angket siswa. Hasil penelitiannmenunjukkan bahwa proses pengembangan media telah dilakukan melalui tahapan analisis, perencanaan, pengembangan, impelmentasi, dan evaluasi. Adapaun kevalidan media menunjukkan hasil validasi ahli media memperoleh nilai 88% dan hasil validasi ahli materi memperoleh nilai 88%. Kepraktisan media menunjukkan hasil angket siswa memperoleh skor 91,6% dan hasil angket guru memperoleh skor 81,6%. Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwaakevalidannmedia dan materi termasuk dalam kategori valid sedangkan kepraktisan media termasuk dalamkkategori sangat praktis.
Kata Kunci: pengembangan, media komik cerita rakyat, membaca cerita.