PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Rafika Aulia Firman Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Julianto

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan media pop-up book mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV sekolah dasar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan adanya media ini, diharapkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan berdasar pada nilai kevalidan, kepraktisan, efektivitas media yang diperoleh selama penelitian. Dalam prosesnya, digunakan procedural ADDIE sebagai tahapan pengembangan yang mana terdiri dari 5 tahap, yakni tahap analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek yang terlibat pada penelitian ini sebanyak 7 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi validasi untuk mengetahui kevalidan media, lembar angket untuk mengetahui kepraktisan media juga respon guru dan siswa, tes hasil belajar untuk melihat keefektifan media dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa hasil validasi media memeroleh hasil 87% yang menunjukkan kategori sangat valid dan hasil validasi materi memeroleh hasil 86,6% yang menunjukkan kategori sangat valid. Adapun hasil angket yang diberikan kepada guru memperoleh skor 96,6% dan siswa memperoleh hasil 90,8% yang menunjukkan kategori sangat praktis. Selain itu, efektivitas media diperoleh melalui perhitungan rata-rata n-gain yang mendapati skor sebesar 0,73 dan termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media, ahli materi dan uji coba penggunaan media kepada subjek, media pop-up book mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV sekolah dasar sangat valid dan sangat praktis untuk diterapkan pada kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci: pengembangan, pop-up book, daur hidup hewan.

Published
2021-12-26
Section
Articles
Abstract Views: 151
PDF Downloads: 569