PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BONEKA TANGAN UNTUK KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Giovanni AL Barril Widad Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti

Abstract

Abstrak

Dalam uji coba ini metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknis analisis data diperoleh berdasarkan proses wawancara yang dilakukan dengan guru kelas III, dari pertanyaan yang diajukan diketahui jika dalam pembelajaran di kelas III guru sering mengandalkan buku sebagai sumber belajar dan  metode pembelajaran yang digunakan adalah  metode ceramah. Hal tersebut terjadi dikarenakan kurang tersedianya media pembelajaran yang bersifat konkret di sekolah, sehingga menyebabkan siswa susah untuk memahami materi. Maka dari itu tujuan dilakukanya penelitian pengembangan ini yaitu demi mengembangkan media boneka tangan terhadap materi menulis narasi berdasarkan kevalidan dan kepraktisan media. Supa dapat membantu pemahaman siswa terhadap materi menulis narasi. Dalam penelitian pengembangan media boneka tangan ini prosedur penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan diantaranya, analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), and evaluation (evaluasi). Data penelitian diperoleh dari dua macam instrumen yaitu lembar validasi dan angket. Teknik analisis statistik deskriptif digunakan untuk menghitung hasil isntrumen dengan menggunakan bentuk presentase. Kevalidan produk dapat dilihat dari hasil persetujuan yang diberikan oleh ahli media melalui proses validasi dimana skor yang diperoleh adalah 80% dengan kategori valid, dan hasil validasi materi memeroleh  skor 80% dengan kategori valid. Sedangkan data kepraktisan dapat diketahui dari hasil respon guru yang memeroleh skor 86% dan skor dari respon siswa 86,5 jika dilihat dari skor yang diperoleh maka media dapat dibilang sebagai media yang sangat praktis dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran demi membantu meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam materi menulis narasi.

 

Kata kunci : Pengembangan media, Boneka Tangan, Narasi.

 

Abstract

In this trial the method used is quantitative. Technical analysis of the data was obtained based on the interview process conducted with third grade teachers, from the questions asked it was known that in grade III learning teachers often relied on books as learning resources and the learning method used was the lecture method. This happens due to the lack of availability of concrete learning media in schools, making it difficult for students to understand the material. Therefore, the purpose of this development research is to develop hand puppet media for narrative writing material based on the validity and practicality of the media. Supa can help students' understanding of narrative writing material. In this hand puppet media development research, the research procedure used is the ADDIE development model with 5 stages including, analysis (analysis), design (design), development (development), implementation (application), and evaluation (evaluation). The research data were obtained from two kinds of instruments, namely validation sheets and questionnaires. Descriptive statistical analysis technique was used to calculate the instrument results using the percentage form. Product validity can be seen from the results of the approval given by media experts through a validation process where the score obtained is 80% with a valid category, and the results of material validation get a score of 80% with a valid category. While the practicality data can be seen from the results of the teacher's response which obtained a score of 86% and the score from the student response of 86.5 when viewed from the score obtained, the media can be regarded as a very practical and feasible media to be applied in learning in order to help improve the quality of learning, especially in teaching and learning. narrative writing material.

 

Key words : Media development, Hand Doll, Narration

Published
2021-12-26
Section
Articles
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 344