PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI EDUKASI “PLAY INDONESIA CULTURE MOBILE (PICM)” BERBASIS ANDROID PADA MATERI IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Bidar Daitia Sangkala Universitas Negeri Surabaya
  • Yoyok Yermiandhoko

Abstract

Pendidikan adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) untuk menangani kemajuan dari waktu ke waktu. Pada materi IPS kelas IV sekolah dasar BAB 4 tentang keanekaragaman suku bangsa dan budaya menjelaskan adat dan budaya di berbagai provinsi di Indonesia. Pada era sekarang, siswa sering menggunakan alat media yang canggih salah satunya yaitu melalui alat media smartphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media aplikasi edukasi “Play Indonesia Culture Mobile (PICM) berbasis android pada materi IPS kelas IV sekolah dasar serta untuk mengetahui kualitas media dari segi kevalidan dan kepraktisan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Borg and Gall yang terdiri dari 5 tahap, yakni penelitian dan pengumpulan informasi (research and collecting), perencanaan (planning), pengembangan bentuk produk (Develop Preliminary Form of Product), percobaan uji coba lapangan (Preliminary Field Testing), dan revisi produk (Main Product Revision). Subjek yang terlibat pada penelitian ini adalah sebanyak 4 siswa dan dilakukan pada uji coba skala kecil. Instrumen pe ngumpulan data pada penelitian ini adalah lembar angkat dan lembar validasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa skor validasi media adalah sebesar 91,67% yang tergolong “sangat valid”. Sedangkan skor validasi materi didapati hasil sebesar 80% yang tergolong “sangat valid”. Lebih lanjut, perolehan angket guru adalah sebesar 90% sedangkan pada angket siswa diperoleh hasil sebesar 87,5% yang menunjukkan kategori sangat praktis pada kedua angket. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan uji coba penggunaan media, dapat diketahui bahwa media PICM untuk keterampilan menghafal letak dan bentuk rumah adat di Indonesia kelas IV sekolah dasar tergolong sangat praktis dan sangat valid untuk diterapkan pada kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci: pengembangan, media PICM, menghafal letak dan bentuk rumah adat di Indonesia.

Published
2021-12-26
Section
Articles
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 162