Pengaruh Penggunaan Stik Drum Terhadap Kemampuan Ritmis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Stik drum dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk merangsang kemampuan ritmis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan stik drum terhadap kemampuan ritmis siswa sekolah dasar. Jenis dan rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dan one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Pada penelitian ini tidak menggunakan instrumen tes karena kondisi pandemi CoVid-19 yang berlangsung hingga artikel ini dibuat. Hasil penelitian ini berpedoman pada validasi instrumen yang didapat dari validator dan skor validasi menunjukkan nilai 80% untuk instrumen perangkat pembelajaran dan skor validasi untuk instrumen observasi mendapat skor 80% sehingga instrumen yang digunakan pada penelitian ini mendapatkan kriteria layak digunakan untuk mengetahui pengaruh stik drum terhadap kemampuan ritmis siswa kelas III sekolah dasar dengan kegiatan menyimak, membaca, dan memainkan pola irama ritmis.
Kata Kunci: pengaruh, stik drum, kemampuan ritmis, musik