Pengembangan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Apresiasi Sastra Melalui Dongeng Cerita Rakyat Siswa Kelas IV SD

  • Elvira Putri Ayu Arimbi Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu bahan ajar yang dapat membantu guru dan siswa dalam
pembelajaran sastra dengan mengintegrasikan dongeng cerita rakyat. Tujuan khusus penelitian ini untuk
mendeskripsikan kelayakan dan kepraktisan bahan ajar untuk pembelajaran Apresiasi Sastra melalui
dongeng cerita rakyat bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan model
pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang meliputi tahap pendefinisian (define),
perancangan (design), pengembangan (develope), dan penyebaran (disseminate). Penelitian dilakukan di SD
Negeri Buncitan, Sedati Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan
sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran Apresiasi Sastra. Hasil validasi ahli materi dan ahli
media adalah 90,38% dan 87,5% dengan kategori sangat layak. Hasil angket tahap uji coba pada siswa dan
guru kelas IV adalah 95,29% dan 100% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh
disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia materi Apresiasi Sastra di kelas IV sekolah dasar.
Kata Kunci : bahan ajar, Apresiasi Sastra, dongeng cerita rakyat

Published
2022-01-04
Section
Articles
Abstract Views: 246
PDF Downloads: 458