PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMBUATAN ECOPRINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN, BENTUK DAN FUNGSI DAUN SISWA KELAS 4 SDN 1 NGETAL

  • Danti Alifa Nawangsari Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti Suryanti

Abstract

Penelitian ini berdasar pada latar belakang problematika yang ditemukan saat melakukan tinjauan pengamatan di SDN 1 Ngetal. Problematika yang ditemukan oleh peneliti salah satunya ialah hasil belajar IPA siswa kelas 4 yang masuk dalam kategori rendah. Penyebab hal tersebut dikarenakan model belajar yang digunakan masih bersifat konvensional, monoton sehingga berdampak pada menurunnya motivasi juga atensi siswa terhadap pembelajaran di kelas. Di samping itu, pembelajaran daring yang sudah terlalu lama dilakukan di rumah dengan gawai membuat guru perlu membangun atmosfer belajar yang bisa meningkatkan motivasi serta atensi belajar siswa saat dilakukan Pertemuan Tatap Muka (PTM) terbatas. Hal ini dilakukan dengan harapan nantinya terdapat perbaikan pada hasil belajar IPA. Melalui pembeajaran berbasis proyek pembuatan ecoprint, peneliti ingin melaksanaan serta mencari tahu apakah ada atau tidak pengaruh pembelajaran berbasis proyek pembuatan ecoprint terhadap hasil belajar IPA pada materi bagian, bentuk, dan fungsi daun siswa kelas 4 SDN 1 Ngetal. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN 1 Ngetal. Dalam penelitian ini, rata-rata keseluruhan di kelas ekspermen mulai dari aktivitas guru, aspek kognitif, dan psikomotor secara berurutan adalah 85%, 87%, dan 87% dimana ketiganya termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan dari perhitungan gain capaian hasil belajar untuk kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil sebesar 0,80 yang termasuk tinggi. Berdasarkan pada uji t dengan sampel independen diketahui nilai kolom signifikansi dua fihak dengan taraf 5 % adalah 0,000 < 0,05. Keputusan tersebut juga dilihat dari nilai thitung > ttabel, yakni 4,312 > 2,045 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian yakni model pembelajaran berbasis proyek pembuatan ecoprint berpengaruh baik terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi bagian, bentuk, dan fungsi daun siswa kelas 4 SDN 1 Ngetal.

Kata Kunci: pengaruh, pembelajaran berbasis proyek, ecoprint, hasil belajar.

Published
2022-01-05
Section
Articles
Abstract Views: 398
PDF Downloads: 711