PENGEMBANGAN VISUAL INTERACTIVE LEARNING MEDIA BERBASIS VIRTUAL ROAMING GAME DENGAN PENDEKATAN RME PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS 4 SDN 01 DEMUK

  • HAFIDA ANGGUN PUSPAWARDANI Universitas Negeri Surabaya
  • YOYOK YERMIANDHOKO

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam proses pengembangan visual interactive learning media berbasis virtual roaming game pada materi bangun datar kelas 4 Sekolah Dasar, mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis roaming game pada materi bangun datar, mengetahui tingkat kepraktisan penggunaan media bagi peserta didik, dan mengetahui tingkat keefektifan media dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peneliti menggunakan 6 tahap model pengembangan ASSURE untuk mendapatkan hasil secara mendetail dalam proses pengembangan media. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa tingkat kelayakan media melalui uji validasi ahli materi mendapatkan hasil 91,33 % dengan kriteria valid atau layak dan hasil uji validasi ahli media mendapatkan hasil 86,66% dengan kriteria valid atau layak. Kepraktisan penggunaan media dalam proses pembelajaran diketahui dari hasil respon pengguna yang didapatkan sebesar 94,2% dengan hasil sangat praktis dan peningkatan hasil belajar peserta didik diketahui melalui pengolahan data nilai pretest dan post test menggunakan analisis N-Gain dengan hasil sebesar 0,59 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil data diatas, dapat disimpulkan bahwa visual interactive learning media berbasis virtual roaming game pada materi bangun datar dapat dinyatakan layak, praktis, serta efektif digunakan oleh peserta didik kelas 4 Sekolah Dasar dalam meningkatkan pengetahuan dan hasil belajar dalam materi pembelajaran bangun datar.

Kata Kunci: media interaktif, roaming game, RME, bangun datar.

  

Abstract

This development research aims to provide knowledge in the process of developing visual interactive learning media based on virtual roaming games on the fourth grade elementary school flat shapes material, knowing the feasibility level of developing roaming game based learning media on flat shapes material, knowing the practicality of using learning media for students, and knowing the level of effectiveness of the media in improving student learning outcomes. Researchers used 6 stages of the ASSURE development model to get detailed results in the media development process. The results of the study showed that the feasibility level of the media through the material expert validation test got 91,33 % with valid criteria and the media expert validation test results got 86,66% with valid criteria. The practicality of using media in the learning process is known from the results of user responses obtained by 94,2% with very practical results and increasing student learning outcomes is known by processing pretest and posttest value data using N-Gain analysis with a result of 0,59 which indicates that there is an increase in learning outcomes after using learning media. Based on the results of the data above, it can be concluded that visual interactive learning media based on virtual roaming games on flat shapes can be declared feasible, practical, and effectively used by fourth grade elementary school students in increasing knowledge and learning outcomes in flat shapes learning materials.

Keywords: interactive media, roaming game, RME, flat shapes.

 

Published
2022-01-05
Section
Articles
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 149