Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Bilangan Berpangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga Berbantuan Wizer.me Untuk Siswa Sekolah Dasar

  • vena ayunda ramadhani putri Universitas Negeri Surabaya
  • delia indrawati

Abstract

Pada awal tahun 2020 kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Guru terhambat dalam proses evaluasi peserta didik sehingga peneliti ingin mengembangkan sebuah media bantu evaluasi pembelajaran menggunakan wizer.me yang bertujuan untuk (1). Mengukur kevalidan produk pengembangan media evaluasi pembelajaran website wizer.me materi bilangan perpangkatan tiga dan akar pangkat tiga. (2). Mengukur kepraktisan produk pengembangan media evaluasi pembelajaran website wizer.me materi bilangan perpangkatan tiga dan akar pangkat tiga. (3). Mengukur keefektifan produk pengembangan media evaluasi pembelajaran website wizer.me materi bilangan perpangkatan tiga dan akar pangkat tiga. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN Lidah Kulon I/464 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes hasil. Teknik analisis data menggunakan uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan media. Kevalidan media memenuhi kriteria “Sangat Valid” berdasarkan skor ahli materi 86% dan skor ahli media 80%. Kepraktisan media memenuhi kriteria “Sangat Praktis” berdasarkan persentase angket respon pendidik 100% dan angket respon peserta didik 92,9%. Keefektifan media memenuhi kriteria “Sangat Efektif” berdasarkan persentase ketuntasan belajar 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa media evaluasi menggunakan website wizer.me pada materi bilangan perpangkatan tiga dan akar pangkat tiga untuk kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran.

Kata Kunci: media evaluasi, matematika, website wizer.me.

Published
2022-01-05
Section
Articles
Abstract Views: 889
PDF Downloads: 652