PENGEMBANGAN MEDIA “WAYANG BATAR” MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR BAGI PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Ana Fiaunillah Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Rahmawati

Abstract

Abstrak
Rendahnya pemanfaatan media pembelajaran dan kurangnya inovasi dalam penyampaian materi di kelas,
khususnya dalam pembelajaran matematika materi bangun datar, menjadikan peserta didik merasa bosan
dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Selain itu, kurangnya pengenalan
wayang kepada anak-anak dan tontonan anak-anak zaman sekarang yang tidak sesuai dengan usianya,
menyebabkan rendahnya wawasan dan pengetahuan anak mengenai wayang. Adanya penelitian ini
bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran “Wayang Batar” dan mengukur
tingkat kelayakan media pembelajaran “Wayang Batar” dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian
ini ialah penelitian pengembangan (research and development) dengan menerapkan model ADDIE yang
terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen penelitian dalam
pengumpulan data menggunakan lembar validasi media, lembar validasi materi dan angket peserta didik
sebanyak 21 anak. Berdasarkan penelitian pengembangan yang telah dilakukan, diperoleh hasil validasi
media sebesar 96,1% dan validasi materi sebesar 100%. Kelayakan media melalui angket peserta didik
memperoleh nilai sebesar 91,4% berdasarkan daya tarik media dan 87,8% berdasarkan daya serap media.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran “Wayang Batar” dengan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match valid dan layak, serta sangat menarik dan sangat mudah
dipahami untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika materi bangun datar kelas III sekolah dasar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Wayang Batar, Bangun Datar, Sekolah Dasar.

Published
2022-01-05
Section
Articles
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 258