PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGAN PINTAR SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PERKALIAN SD KELAS RENDAH

  • Ririn Wahyuningtyas Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Wiryanto, M.Si. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ini mengembangkan media pembelajaran Tangan Pintar Sederhana (TPS) pada materi operasi hitung perkalian di kelas III SD disebut sederhana karena menggunakan bahan yang sederhana dan mudah didapat seperti kertas, sterofoam, semua guru dapat membuat media pembelajaran TPS selain efektif juga efisien waktu dan uang, guna memenuhi kebutuhan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, serta mengatasi permasalahan tentang operasi hitung perkalian, media pembelajaran TPS dibuat dengan tujuan untuk: (1) mengetahui proses pembuatan dari pengembangan media pembelajaran TPS yang sebelumnya hanya metode jarimatika (2) Mengetahui kelayakan dari media pembelajaran TPS, dan (3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran TPS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang di dalamnya terdapat 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Mendapatkan hasil yang terbaik melalui proses uji validasi serta uji coba diperoleh hasil validasi materi dan validasi media dengan presentase hasil validasi materi sebesar 80 % sedangkan validasi media dengan presentase nilai 100 %, dan uji coba yang dilakukan pada siswa kelas III diperoleh dengan hasil rerata 91,33 % dari rerata uji coba kelompok maupun individu dengan subjek 26 siswa secara kelompok kecil acak 6 siswa dari MI Nurul Huda, 20 siswa dari SDN Tembok Dukuh III kelas III masing-masing kelas 10 siswa. Hasil dari penelitian berdasarkan proses validasi dan uji coba dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran Tangan Pintar Sederhana telah layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran siswa SD terutama pada kelas III, mendapatkan respon menarik, mudah dipahami, digunakan, serta dibuat.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Tangan Pintar Sederhana (TPS), Perkalian

Published
2022-01-10
Section
Articles
Abstract Views: 376
PDF Downloads: 316