Pengembangan Media Kartu Domino Hitung Matematika-Kode Quick Response (KOMIKA-QR) pada Materi Pecahan Siswa Sekolah Dasar

  • miftakhul jannah Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto wiryanto

Abstract

KOMIKA-QR adalah singkatan dari Kartu Domino Hitung Matematika-Kode Quick Response yang terdiri dari kartu berpasangan antara soal dan jawaban disertai dengan kode quick response yang dapat memunculkan ilustrasi video sesuai soal yang terdapat pada kartu. Media ini berfokus pada materi pecahan yang disajikan dalam bentuk soal cerita. Media ini dibuat untuk menumbuhkan minat siswa pada pelajaran matematika dan dapat mengubah anggapan kebanyakan siswa bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan. Tujuan penelitian untuk mengembangkan media yang layak dengan mengukur kevalidan dan kepraktisan media pada materi pecahan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh Borg and Gall dengan 10 tahapan, namun karena masa pandemi covid-19 dan diberlakukan pembatasan beberapa tempat salah satunya sekolah, maka peneliti hanya melakukan 7 tahapan. Subjek dari penelitian ini adalah 10 siswa kelas IV SDN Kertajaya I/207 Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi materi dan media serta angket respon pengguna yang diberikan kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskripsi dengan menggunakan presentase. Hasil tingkat kevalidan materi oleh para ahli sebesar 95%, kevalidan media sebesar 96,66% dan kepraktisan dari angket respon pengguna (siswa) sebesar 87,7%. Simpulan penelitian bahwa pengembangan media Kartu Domino Hitung Matematika-Kode Quick Response (KOMIKA-QR) dapat dinyatakan “layak dan praktis” untuk digunakan dalam pembelajaran konsep pecahan di SD.

Kata Kunci : pengembangan media, kartu domino, materi pecahan, valid dan praktis

Published
2022-01-12
Section
Articles
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 204