PENGEMBANGAN KARTU SOAL BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI CIRI-CIRI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Jihan Setia Salsabilla Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati

Abstract

Pada kondisi pembelajaran secara PTMT (Pembelajaran Tatp Muka Terbatas) belum adanya media khusus yang mampu menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi ciri-ciri bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian adalah mengembangkan Kartu Soal Berbasis Augmented Reality sehingga dapat dijadikan salah satu media pembelajaran yang  layak (kevalidan, kepraktisan, dan keefektifitasan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Research and Development oleh Borg and Gall. Proses penelitian ini memiliki beberapa tahapan antara lain: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan produk; (3) pengembangan draf produk; (4) validasi produk; (5) revisi desain produk; (6) uji coba lapangan skala kecil dengan 15 siswa; (7) dan revisi akhir. Jenis data pada penlitian ini yakni kuantitatif dan kualitatif yang berdasarkan dari hasil wawancara, lembar validasi ahli, lembar respon pengguna (siswa), dan lembar pretest-postest. Media Kartu Soal Berbasis Augmented Reality memperoleh tingkat kevalidan sebesar 86% dari hasil uji validasi materi dan media dengan kategori sangat baik tanpa revisi. Tingkat kepraktisan media ini sebesar 92,2% dengan kategori sangat praktis untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Dan pada tingkat keefektifitasan media Kartu Soal Berbasis Augmented Reality mendapatkan skor sebesar 86,6% serta nilai N-gain sebesar 0,48 yang artinya media Kartu Soal Berbasis Augmented Reality mampu meningkatkan hasil belajr siswa dengan kategori sedang.

Kata Kunci: bangun ruang, matematika, augmented reality.

Published
2022-01-12
Section
Articles
Abstract Views: 488
PDF Downloads: 575